Minggu, 25 Oktober 2009

Sumber daya Pendidikan

Etos kerja adalah sikap mental untuk menghasilkan produk kerja yang baik, bermutu tinggi dalam bentuk jasa dan barang. Etos kerja dipengaruhi sikap, pandangan, cara-cara, dan kebiasaan-kebiasaan kerja yang ada pada seseorang, suatu kelompok, dan suatu bangsa. Adapun pembinaan etos kerja ini merupakan bagian dari pembinaan tata nilai (value system). Upaya untuk mengubah etos kerja yang buruk dengan mengantarkan perilaku karyawan, guru, ke arah yang lebih produktif dengan cara mengubah sikap, pandangan, harapan dan ketrampilan atau keahlian yang tidak sesuai dengan tuntutan zaman mutakhir agar lebih efektif dan produktif.

Sumber daya dalam lembaga pendidikan antara lain meliputi: manusia, sarana dan prasarana, biaya, teknologi, dan informasi. Dalam dunia pendidikan sumber daya yang paling penting adalah sumber daya manusia, oleh karena itu manajer pendidikan perlu menyediakan tenaga, bakat kreatif, dan semangat dari sumber daya manusia ini untuk dapat mengefektifkan roda organisasi sekolah. Tugas terpenting dalam manajer pendidikan yaitu menyeleksi, menempatkan, melatih, dan mengembangkan sumber daya manusia agar menghasilkan sumber daya yang paling penting ini memiliki etos kerja tinggi. Sebab pengembangan sumber daya manusia mempunyai hubungan positif dengan produktivitas, pertumbuhan organisasi sekolah, kepuasan kerja, kekuatan dan profesionalitas manajer pendidikan.

Sumber daya manusia meliputi aspek: kompetensi, keterampilan atau skill, kemampuan, sikap, perilaku, motivasi, dan komitmen. Dalam lembaga pendidikan sumber daya manusia dibedakan dalam dua kelompok yaitu: tenaga teknis, tenaga administrasi, dan tenaga penunjang. Tenaga teknis kependidikan ditugaskan menjadi tenaga kependidikan (pembimbing, pengajar, dan pelatih), pengelola, pengawas, laboran, teknisi sumber belajar, peneliti, dan penguji.

1 komentar:

  1. untuk meningkatkan sumber daya maka diperlukan kerja keras dan belajar yang sungguh-sungguh

    BalasHapus