Selasa, 27 Oktober 2009

SIKAP (attitude)

Pengertian sikap : (1) sikap adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Sikap seseorang terhadap suatu obyek adalah perasaan mendukung atau memihak maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak pada obyek tersebut (Berkowitz,1972); (2) sikap merupakan semacam kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu obyek dengan cara-cara tertentu. Kesiapan yang dimaksud merupakan kecenderungan potensial untuk bereaksi dengan cara tertentu apabila individu dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya respon (Chave,1928; Bogardus, 1931; Mead, 1934; Gordon Allport,1935, La Pierre, 1934)); (3) sedangkan (La Pierre, 1934) mendefinisikan lagi sikap sebagai suatu pola perilaku atau kesiapan antisipatif, predisposition atau keadaan mudah terpengaruh untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial, atau secara sederhanan dikatakan bahwa sikap adalah respon terhadap stimulus sosial yang telah terkondisikan. (4) sikap adalah konstelasi komponen-komponen kognisi, afeksi, dan konatif yang saling berinteraksi dalam memahami, merasakan, dan berperilaku terhadap suatu obyek; (5) sikap adalah keteraturan tertentu dalam hal perasaan (afeksi), pemikiran (kognisi), dan predisposition atau keadaan mudah terpengaruh tindakan (konasi) seseorang terhadap sesuatu aspek lingkungan sekitarnya (Secord & Backman, 1964).

Sikap merupakan jalinan multidimensional yang terdiri atas kognisi, afeksi, dan konasi. Ketiga komponen ini berada paa suatu kontinum evaluatif. Sebagai contoh, orang yang cemas atau takut bepergian dengan naik pesawat terbang, ini disebut afeksi negatif terhadap penerbangan. Dengan demikian menimbulkan respon percaya bahwa pilot pesawat terbang adalah orang yang terlatih dan berpengalaman dalam bidangnya, ini disebut kognisi positif mengenai pilot, dampaknya maka muncul respon orang bersedia ikut terbang dengan pesawat itu, maka ini yang disebut konasi positif.

Sikap seseorang terhadap suatu obyek selalu berperanan sebagai perantara antara responnya dan obyek yang bersangkutan. Respon diklasifikasikan menjadi tiga macam : (1) respon kognitif yaitu respon persepstual dan pernyataan mengenai apa yang diyakini;(2) respon afektif yaitu respon syaraf simpatetik dan pernyataan afeksi; (3) respon konatif atau respon perilaku yaitu respon berupa tindakan dan pernyataan mengenai perilaku. Masing-masing klasifikasi respon ini berhubungan dengan ketiga komponen sikapnya. Dengan melihat salah satu komponen diantara tiga bentuk respon tersebut sikap seseorang sudah dapat diketahui. Meskipun demikian, deskripsi lengkap mengenai sikap individu tentu saja diperlukan dengan melihat ketiga macam respon secara lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar